Selasa, 14 Mei 2013

Paragraf Deduktif dan Induktif


Soal :

1.     Tulis isi pidato beserta poin-poinnya dari amanat kepala sekolah pada upacara 7 Januari 2013
2.     Mendengar dan menyimak wawancara televisi (TVOne, Metro) dan tulis masalah dan poin pertanyaan dari pewawancara
3.     Tulis paragraf induktif dan deduktif dari  pidato dan wawancara yang telah didengarkan

Jawaban :

1.     a) Isi pidato

Dalam penyampaian pidatonya, Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pontianak menghimbau kepada seluruh siswa dan siswi untuk selalu peduli dan bertanggung jawab, seperti mematikan AC/kipas angin ketika tidak digunakan maupun ketika jam belajar dan mengajar sudah selesai. Merapikan infocus setelah digunakan dan menjaga kebersihan sekolah dan selalu berpakaian rapi dalam berseragam.
Selain itu, beliau juga menyampaikan kepada siswa dan siswi kelas XII agar semakin giat belajar. Hal itu dikarenakan akan segera dilaksanakan UN pada tanggal 30 April 2013 mendatang. Siswa-siswi kelas X dan XI juga diharapkan agar mengikuti dan mengerjakan remedial yang dilakukan guru bidang studi masing-masing bagi mereka yang belum tuntas atau kurang dari KKM. Tidak lupa juga beliau memperingatkan bahwa jika pada semester ke-2 nilai masih tidak tuntas, maka tidak akan dinaikkan kelas bagi yang bersangkutan.

b) Poin-poin pidato :

·          Peduli dan betanggung jawab akan merawat fasilitas sekolah
·          Menjaga kerapian diri serta kebersihan sekolah
·          Belajar lebih giat lagi untuk siswa-siswa kelas XII
·          Memperbaiki diri dari nilai maupun sikap
·          Mengikuti dan mengerjakan remedial yang diberikan bapak ibu guru, apabila semester berikutnya masih tidak tuntas maka tidak akan dinaikkan kelas

2.     Wawancara Televisi (TVOne-Apa Kabar Indonesia Malam)

Masalah : Vonis untuk Ange (Nasrullah merasa gagal lakukan pembelaan)
Pertanyaan Pewawancara :
·          “Bang Nasrullah ini tadi bolak balik bolak balik saya gagal, mengatakan itu memang merasa 100% atau memang ada sisi yang berhasilnya bang ?”
·          “Tapi ternyata beda cerita ya ?”
·          “Karena KPK sering disebut-sebut ?”
*tak lama ada telepon dari Johan Budi-anggota KPK
·          “Bang Johan Budi, kalo di media banyak yang megatakan bahwa dakwaan untuk Angie lepas total salah satunya di Wisma Atlet, seberapa kecewanya sih KPK ?”
·          “Bagaimana sampai bisa lepas ? Apakah karena tuduhannya kurang kuat ? Atau mungkin barang buktinya ?”
·          “Bang Johan, kalau Angelina sampai sekarang masih pikir-pikir begitu ya ? Kalau itu KPK sudah pasti akan banding kan ?”
·          “Keyakinannya itu tapi bagaimana Bang ? Kalo yang kemarin saja sudah lepas 12 tahun, sekarang keyakinannya masih pikir-pikir dan akan aju banding bagaimana itu ?”
*menutup telepon dan langsung telepon dari I Gede Pasek-Politisi Demokrat
·          “Abang mendengar cuplikan tentang Angelina tadi ?”
·          “Didalam cuplikan tadi Ange mengatakan bahwa sejak ia ditetapkan sebagai tersanka kemudian di tahan tidak ada teman demokrasi yang kemudian datang ataupun bertemu, kenapa ini Bang ?”
·          “Tapikan pastinya ada jam besuk juga kan Bang Pasek ? Terus kenapa tidak dilakukan ? Ini seperti kesannya habis manis sebah dibuang Bang ?”
·          “Teman-teman demokrasi yang lain Bang ? Tampaknya sudah saja, seperti tidak ada hubungan lagi begitu, walaupun mungkin hubungan dari jauh seperti mendoakan boleh, tetapi mengapa tidak memberikan support secara langsung bertemu face to face ?”
*telepon pun ditutup
·          “Apa tanggapan Abang dengan masalah yang tadi dibilang gagal total ?”
·          “Jadi tidak ada gagal total ya ?”
·          “Jadi disini Abang tidak ada merasa tidak gaga total dong Bang ?”
·          “Itu cukup pasal, tapi pasal yang 12 itu kan tidak ada yang nyangkut ?”

3.     Paragaraf Induktif dan Deduktif
Pidato :
Ø  Induktif
Pada pidatonya, Bapak Kepala Sekolah SMAN 2 Pontianak menghimbau agar seluruh siswa kelas XII agar lebih giat lagi dalam belajar. Ketekunan juga diperlukan untuk meraih hasil yang memuaskan dan sesuai keinginan. Latar belakang beliau untuk berbicara seperti itu tidak lain karena UN akan dilaksanakan tidak lama lagi, yaitu pada tanggal 30 April 2013.

Ø  Deduktif
Para siswa seakan lalai dengan tanggung jawab mereka. Bagaimana tidak ? Mereka yang diberi fasilitas seakan hanya bertanggung jawab ketika memakai. Itu terbukti dengan lalainya mereka seperti lupa mematikan AC maupun kipas Angin. Bahkan kadang-kadang itu sampai 24 jam nonstop jika tidak dimatikan.

Wawancara :
Ø  Induktif
Didalam sebuah narasi disebutkan bahwa KPK menyebut rekening Angie terdapat 16 kali transaksi, padahal itu hanya dakwaan, bukan kenyataan yang sebenarnya. Nasrullah berkomentar agar pembuat narasi TVOne lebih teliti lagi. Pasalnya agar tidak terjadi lagi salah informasi. Nasrullah kesal pasalnya cuplikan tersebut ada sedikit bau pencemaran nama baik terhadap KPK.
Ø  Deduktif
Kuasa hukum Angelina menyatakan bahwa dirinya gagal total dalam pembelaan kliennya tersebut. Ia gagal membela pemenang Miss Indonesia tahun 2000 tersebut, setelah sang putri di vonis hakim di hukum 4,5 tahun penjara dan Rp. 250 Juta. Nasrullah menyatakan hukuman maksimal yang  5 tahun hanya menjadi 4,5 tahun yaitu hanya berkurang 6 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar